7 Misteri Gunung Merbabu Yang Membuat Para Pendaki Merinding




Dilihat 118
Mar 08, 2019 03:36:25 WIB

Bagi kalian para pendaki, Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang wajib kalian masukan dalam list daftar kalian. Keindahan dan eksotisme gunung yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut ini membuat setiap orang tak mampu berpaling darinya. Di puncak Merbabu, pendaki juga bisa memandang gunung-gunung lain di Jawa Tengah, seperti Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Pendaki gunung tentu sudah akrab dengan mitos atau cerita misteri yang selalu ada di setiap gunung. Sebagai “tetangga” dari Gunung Merapi, tentu saja Gunung Merbabu ini juga memiliki kisah-kisah mistis yang beredar di kalangan pendaki. Simak kisah mistis di Gunung Merbabu yang kami kupas dari para pendaki.

1. Kehadiran Setan Gendong di Gunung Merbabu

Saat mendaki gunung yang merupakan perjalanan berat dan melelahkan. Jujur saja, saya akan berfikir dua kali bila ada perempuan cantik yang minta digendong sampai puncak.

Bagaimana jika harus menggendong setan?. Di sekitar kawasan pasar setan di gunung Merbabu, ada mitos yang mengatakan bahwa di sana terdapat setan gendong. Makhluk halus ini akan meminta digendong kepada para pendaki gunung, dia akan duduk di atas carrier para pendaki.

Bila kamu terkena gangguan setan Gendong, maka berat carrier di pundakmu akan semakin berat dan hidungmu akan diserang oleh bebauan wewangian yang menyengat. Setelah sampai puncak, maka bebauan tersebut akan seketika menghilang, pertanda setan Gendong telah pergi.

2. Misteri Macan Ghaib di Gunung Merbabu

Banyak kalangan yang meyakini bahwa di gunung Merbabu terdapat macan, bukanlah macan biasa, namun macan loreng ghaib yang merupakan jelmaan orang sakti di jaman dahulu. Penduduk sekitar dan jajaran pengurus mengklaim bahwa kawasan gunung Merbabu sudah tidak lagi dihuni oleh binatang buas, termasuk macan.

Namun pada tahun 2008, kita dikagetkan oleh penemuan mayat perempuan, terlihat bekas gigitan dan cakaran macan pada jasadnya. Tepatnya, mayat tersebut ditemukan di tengah-tengah kawasan Hutan Suroloyo.

Tentunya penemuan tersebut mencuatkan dua pendapat. Pertama, mayat tersebut memang diterkam oleh macan biasa, tanpa disadari masih terdapat macan di kawasan tersebut. Kedua, mayat itu diterkam oleh macan jadi-jadian, alias macan jelmaan manusia.

3. Keangkeran Watu Gubug di Gunung Merbabu

Watu Gubug merupakan tumpukan batu yang menyerupai goa kecil, berada di jalur pendakian Thekelan, para pendaki sering menjadikan goa kecil ini sebagai tempat berteduh bila hujan dan berlindung bila ada angin besar atau badai gunung. Tempat ini dipercaya juga sebagai gerbang kerajaan jin di gunung Merbabu.

Anehnya, bila kita melihat ke dalam goa tersebut dari luar, kita akan mengira betapa sempitnya tempat tersebut. Namun, bila kamu masuk, maka tempat tersebut akan serasa luas dan mampu menampung banyak orang di dalamnya.

Namun, para aktifis supra natural mempercayai bahwa di sana ada penjaga gerbang kerajaan ghaib. Bila kita memiliki hati yang bersih, maka penjaga tersebut akan mengizinkan kita memasuki Watu Gubug. Sebaliknya bila kita memiliki niatan buruk, penziarah sekalipun, maka penjaga itu tidak akan merestui. 

4. Hanoman di Jalur Hutan Pinus

November 2017 lalu, Jonathan Zilliwu, mahasiswa salah satu universitas negeri di Semarang mendaki Merbabu bersama teman dan kekasihnya melalui jalur Suwanting. Menurut penuturan pria yang akrab dipanggil Jo tersebut, saat melewati kawasan hutan pinus, ia merasa diikuti oleh sesuatu yang ia tidak ketahui.

"Katanya tempat itu ditinggali sosok kera putih, hanoman. Tapi kalau kata teman-temanku yang lain, wujudnya mirip pohon pisang. Kalau yang bisa 'lihat', dia bisa melihat hanoman itu pindah dari pohon ke pohon, tapi kalo yang bisa 'merasakan', katanya dia ngerasain pohon pisangnya pindah-pindah tempat.

Aku sendiri enggak merasa ada pohon pisang atau melihat hanoman, cuma aku ngerasa ada yang mengikuti dari belakang," ujar pria asli Subang tersebut.

5. Keberadaan Singgasana Ghaib di Puncak Gunung Merbabu

Terkait dengan keberadaan kerajaan ghaib di gunung Merbabu, banyak penduduk sekitar percaya bahwa kerajaan tersebut berpusat di puncak gunung Merbabu. Kepercayaan ini semakin kuat dengan temuan benda-benda kuno nan antik oleh para penziarah di puncak gunung Merbabu.

Konon, kerajaan ini sudah berdiri sejak dinasti Mataram berkuasa dan menjadikan gunung Merbabu sebagai pusat pemerintahan, titik pusatnya berada di puncak Kenteng Songo. Mataram saat itu memiliki dua pasukan perang, masing-masing dari pasukan tersebut menggunakan pakaian perang berwarna hijau dan merah.

Hal ini memunculkan mitos, bahwa saat kamu mendaki, jauhilah memakai pakaian berwarna merah atau hijau untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, bila kamu menggunakan pakaian berwarna hijau, maka kamu akan ditolak oleh pasukan yang memakai baju perang berwarna merah. Pun sebaliknya.

Sebagaimana kerajaan pada umumnya, kerajaan ghaib di gunung Merbabu pun memiliki sarana dan prasarana, termasuk jalan, pasar, gerbang masuk dan alun-alun yang dipercaya terletak di di Pos IV Lempong Sampan.

6. Penampakan Makhluk Besar nan Tinggi (Genderuwo)

Menurut mitos yang beredar di kalangan penduduk lereng dan pendaki gunung. Konon, di gunung Merbabu terdapat makhluk besar, tinggi dan berwarna hitam legam yang kita kenal dengan sebutan Genderwo. Dia sering menampakan keberadaannya pada malam hari.

Pada tahun 2015, ada seorang pendaki gunung Merbabu yang mengaku melihat penampakan Genderwo itu di pos Bayangan II Jalur Cunthel. Dia menuturkan bahwa makhluk itu tinggi dan hitam sampai ke mata-matanya. 

7. Anak-anak Hutan di Jembatan Setan

Cerita datang dari seorang karyawan lembaga pemerintahan yang berasal dari Semarang bernama Otniel Adityo (23). Pada tahun 2015, Otniel mendaki Gunung Merbabu via Cuntel, Salatiga, bersama dengan temannya.

Saat sedang mendaki, Otniel melihat anak-anak berlarian di sekitar jembatan setan. Jembatan setan adalah julukan salah satu trek pendakian ekstrem di Merbabu yang berbatasan langsung dengan tebing. Otniel bercerita bahwa ia hampir menjadi korban 'anak-anak hutan'.

"Kata temanku yang punya kemampuan lebih, bocah yang berlarian itu dikenal sebagai anak-anak hutan, katanya mereka tinggal di bawah jurang dan biasanya memanjat ke jembatan untuk bikin pendaki tersesat.

Karena biasanya pendaki yang kelelahan mudah berhalusinasi dan kasihan ke anak-anak itu. Padahal kalau mereka diikuti, yang ada pendakinya yang bakal tersesat

#tempatlokasi
#misterigunungmerbabu
#merbabu
#merapi
#jawatengah
#semarang
#boyolali
#magelang
#ceritamisteri
#ceritamisterigunungmerbabru
#kisahmistismerbabu
#kisahmistisgunungmerbabu
#kisahparapendakigunung
#kisahseremparapendakigunung


tempatlokasi, misteri gunung merbabu, merbabu, merapi, jawa tengah, semarang , boyolali, magelang,cerita misteri, cerita misteri gunung merbabru, kisah mistis merbabu, kisah mistis gunung merbabu, kisah para pendaki gunung, kisah serem para pendaki gunung



Latest Update
10 Tempat Perbelanjaan Di Bandung (Mall Di Bandung)
18 Makanan Khas Bandung (Kuliner Khas Bandung)
7 Perguruan Tinggi Terakreditasi A Dan Terbaik Di Bandung
5 Tempat Lokasi Mall Terkenal Di Semarang
10 Kuliner Khas Dan Terkenal Di Semarang
Selengkapnya
My Application
Info Tempat Baru
Semua paket perjalanan kami dirancang khusus untuk memberikan
My Application
Saran Tempat Wisata
Apapun tempat liburan favorit Anda pantai yang eksotis, kaki gunung yang mempesona, atau kota kecil
My Application
Tempat Unik
Paket perjalanan kami adalah kombinasi dari semua hal terbaik di setiap tujuan. Obyek wisata terindah.
My Application
Dan Masih Banyak Tempat Lain
Merencanakan perjalanan Anda bisa dilakukan dalam beberapa langkah sederhana. Dalam hitungan menit.
My Application
Sekedar Berita Informasi Tempat Saja.
Terms of a Service

  •  
  •  
  •  
Tempatlokasi.com 2018 All Rights Reserved